Sabtu, 07 Juli 2012

Song Anthem

Belakangan ini entah kenapa gue mulai tertarik ngebahas hal-hal yang berbau soal bola, terutama Piala Dunia atau Euro Cup. Tapi kalo soal klub-klub atau liga gitu anehnya gua ga sama sekali tertarik, mungkin karna Euro baru aja selesai beberapa hari yg lalu kali ya, jadi keingin tauanya masih ada. Salah satu hal tentang bola yg bikin gua penasaran itu adalah soal 'Song Anthem' atau istilahnya soundtracknya kejuaraan-kejuaraan besar salah satunya kejuaraan Piala Dunia.

Gua ternyata baru tau, dari 19 kali perhelatan Piala dunia. ternyata baru piala dunia yg ke 12 kali baru diadakannya yg namanya Song Anthem, emang tanpa adanya song anthem gelaran itu terasa hampa. langsung aja nih ke 7 song anthem tersebut.

1986 (tuan rumah mexico) : Stephanie Lawrence – Special Kind Hero

1990 (tuan rumah Itali) : Gianna Nannini & Edoardo Bennato -Un Estate Italiana

1994 (tuan rumah USA) : Queen – We are the Champions


2002 (tuan rumah Jepang & Korea) : Anastacia – Boom

2006, (tuan rumah Jerman) : il Divo Toni Braxton – Time of our Live

2010, (tuan rumah South Africa) : Shakira – Waka waka
 
sepanjang hidup baru 2 kali piala dunia yg gue ikutin, Piala dunia tahun 2006 dan 2010. maklum waktu piala dunia 2006 kebawah gue masih sd jadi belum ngerti lah soal bola, tau aja engga ada ajang begituan. tapi gue suka denger lagun2ya dan ikut menikmati, apalagi lagunya ricky martin yg la Copa de la Vida, waktu itu tuh itu lagu ngehit banget. diantara semua lagu2 piala dunia sendiri yg menurut gue paling the best itu lagunya Ricky Martin - La Copa De La Vida. lagunya menurut gue bola banget dan iramanya juga sangat mengehtak, membuat permainan sepak bola jadi bersemangat. sekalipun liriknya ga pake bahasa inggris tapi feel-nya bisa dirasakan semua orang.

untuk tahun 2006, jujur gue malah baru tau kalo Song Anthem Piala Dunia tahun itu adalah lagunya il Divo yg Time of our live, lagunya sangat opera jadi kayanya kurang cocok untuk dijadikan song athem perhelatan olah raga seperti bola yg penuh semangat. Malah justru lebih popular saat itu lagunya Herbert Gronemeyer – Celebrate The Day atau juga Shakira feat Wycleaf – Hips Don’t Lie 

Tahun 2010 Waka-waka Shakira juga cukup bagus tapi gue merasa nuansa bola-nya tidak ada sama sekali, insan pemusik juga banyak yg mengkritik soal hal itu.Lagunya dianggap malah terdengar seperti lagu pop biasa. Justru Wavin’ Flag-nya K’naan yang nuansa bolanya dapat. Lagu itu awalnya juga sering keluar di tv sebelum diketahui ternyata itu Cuma salah satu lagu versi sponsor. Karena RCTI cukup gigih mempopulerkan Waka-Waka, bahkan sampai closing Seputar Indonesia juga pake lagu ini, Waka-Waka jadi sangat popular dan catchy walaupun entah apa artinya.

Kalau lagu favorit gue tentunya We are the Champion sang lagu legendaris itu. Lagunya mewah dan sangat cocok dipakai untuk semua olahraga. Sayang pas Piala Dunia 1994 gue belom lahir, jadi ga bisa merasakan soul yang sangat luar biasa pada lagu itu apalagi saat lagunya diputarkan di ajang final, dimana Brasil yg keluar sebagai pemenang. liriknya cocok banget untuk sang pemenang Piala Dunia.

Tidak ada komentar: