Sabtu, 07 Juli 2012

Morning Glory Pool

Waktu gue lagi iseng2 surfing di internet tiba-tiba gue nemuin suatu foto yg cukup menarik perhatian gue buat mencari tahu lebih dalam. Jujur, foto itu sangat unik, seperti sebuah lubang berisi air jernih yang menjorok ke dalam dasar bumi, dan pinggiranya yang berwarna kuning. airnya biru jernih,dan kedalamanya bikin penasaran. Gue langsung cari tahu asal usul gambar itu, itu lubang cuman gambar doang apa memang ada beneran? ternya memang ada! namanya Morning Glory Pool

Morning Glory Pool terletak di Yellowstone National Park, Wyoming, Amerika. kolam ini mendapat julukan 'Seribu Wajah' karna warna lubangnya yang selalu berubah-ubah dari tahun ke tahun, seperti biru, hijau, kuning, orange, dan coklat tembaga.

Tahun 1966

  Tahun 1970                    

 


Morning Glory Pool sendiri menjadi tempat rekreasi yang laris manisss setiap tahunnya, katanya sih hampir 3 juta orang berkunjung kesana tiap liburan. Morning Glory awalnya terbentuk karena gempa bumi. dulu, morning glory warnanya biru cemerlang tapi mengalami perubahan karena perubahan suhu, karena suhu berubah jadi munculah bakteri yang membuat pinggiran kolam berwarna kuning. lalu, seiring menurunya suhu, bakteri pun menjalar masuk ke dalam. 

morning glory mulai terkenal sejak tahun 1989, istri dari Asisten Inspektur Taman Charles McGowan lah yang menamai kolam tersebut.Ia juga menyebut dalam bahasa Latin sebagai Convolutus, yang berarti morning glory flowe. sampai sekarang pejabat taman melakukan upaya untuk melestarikan morning glory.
hmm.. menarik sih, tapi kapan ya kesana?

Tidak ada komentar: